Bocah bocah SMKALIR

Bocah bocah SMKALIR

Jumat, 24 September 2010

Belajar Bersyukur dan Kejujuran dari Kakek Penjual Kentongan ( Harus Baca !!! )

Sebuah Kisah beberapa Hari Lalu diambil darihttp://www.kaskus.us/showthread.php?t=5309285



Adalah seorang "Mbah Mangun", si penjual kentongan di pojokan jalan stadion Kridango Salatiga.



Hari Senin ane lewat, terlihat kentongan yang masih berwarna hijau segar (mungkin barusan dibuat ama dia).Selasa..Rabu..Kamis..Jumat-nya gw lewat, masih ada kentongan yang sudah berwarna coklat berlumut kehijau2an karena terpapar panas dan hujan..(Ane pikir: Gila, udh hampir seminggu kaga ada yg laku...)

Hari Sabtu ane coba brenti, nanya tu harga kentongan brp duit (padahal jg ga butuh kentongan..) dan si mbah sedang duduk di trotoar sambil komat-kamit mulut-nya (ane rasa dia sedang berdoa, berdzikir gitu, krn sambil pegang gelang tasbih kecil yg udh butut)



Ane : Mbah, harga kentongan 1 biji brp?Mbah : Silakan, ada banyak, silakan dipilih.. (kok ga nyambung ya pikir gw)Ane : (mengulang lagi) Mbah, harganya berapa?
Mbah : Ooh iya, memang udah agak lumutan, nanti mbah bersihin bisa kok.. (waw, udah rada ga jelas ni pendengaran-nya)
Ane : (dengan suara sedikit keras dan coba mendekatinya) Mbah, rumahnya dimana?
Mbah : (bangkit berdiri dengan susah payah dan mengajak ane salaman) Oooh, di daerah Jaten(red: Jaten itu kira2 5-6 km dari TKP)
Ane : (membalas salaman dr si mbah.. ternyata seluruh badan-nya gemetaran..) Harga kentongan berapa mbah? (sambil tetep rada kenceng ngomongnya...)
Mbah : 1 biji 5 ribu aja, masih boleh ditawar kok..Ane : (masih penasaran aja) Mbah dari rumah naik apa kesini?
Mbah : Ya naik angkot kalo ada uang, kalo ga ada ya jalan kaki.. soalnya 1x jalan 4 ribu kalo naik angkot.. (Gilee, ane jalan 1 km aja udh ngos2an..)
Ane : Ya udah mbah, saya ambil kentongan-nya 2 ya.. (sambil serahin duit 10rb, tapi kentongan ga gw ambil.. berasa kasian aja gitu..)
Mbah : Lho, ini kentongan kok ga diambil? jangan gitu, mbah jual barang ya silakan diambil barang-nya
Ane : (rada malu juga nih..) Ya udah mbah, nanti sy ajak temen buat ambil kentongan-nya, nitip dulu disini deh, susah kalo bawa sendiri (ane boong krn emang ga mo ambil kentongan-nya)
Mbah : ya sudah, mbah tunggu ya.. beneran lho nanti diambil.. biasanya mbah sampe jam 3 sore disini..
Ane : baik mbah, permisi dulu ya mbah..



Dan ane berlalu dan sedikit puas krn bisa "boongin" tu mbah dan ga ambil kentongan-nya..Sampe sore hari-nya, sekitar jam 5-an, ane lewat lagi tu jalan..Eeeh.. si mbah masih ada disitu.. ane berasa aneh aja, krn dia bilang kan sampe jam 3 biasa udah pulang..Akhirnya ane brenti jg krn penasaran..



Ane : Lho mbah, kok belum pulang?
Mbah : Nah ini dia, ditungguin dari tadi kok ga dateng.. ini kentongan-nya diambil ya..
Ane : Jadi mbah nungguin saya ambil kentongan?
Mbah : Lha iya.. kan tadi katanya mau ambil kentongan.. kalo mbah tinggal pulang kan sama aja mbah bohong..



Ane bener2 speechless.. kaga tau musti ngomong apaan.. dada ane nyesek abis.. nyesel abis2an krn td siang "boongin" si mbah..




Tanpa bisa ngomong apa2, ane mutusin untuk anterin si mbah pulang..Ane : ya udah mbah, sy ambil kentongan-nya.. sekalian sy anter mbah pulang deh..Mbah : wah, ga usah.. jauh lho.. jam segini mungkin masih ada angkot kok.. tadi kan dapat uang 10 ribu, bisa buat naik angkot pulang nanti..(Makin nahan nangis aja ane denger kata2 itu..)



Akhirnya dengan beberapa "ngeyel" berikutnya, ane berhasil bujuk si mbah untuk ane anter pulang ke rumahnya.. dan si mbah masih maksa ane untuk bawa 2 kentongan itu..



Setelah sampai di rumahnya, ane terpana liat rumahnya.. yang bener2 diluar bayangan ane.. (sayang ane ga ambil foto rumahnya)



Saat pamitan, ane kasih salam lagi (tangan kanan salaman, tangan kiri ane pegang lengan atas si mbah biar terkesan salam hangat)..Eeh, si mbah kok meringis kesakitan, dan badan-nya bergetar makin kenceng.. Ternyata dulu dia pernah ditabrak motor, dan lengan kiri-nya pernah patah tapi ga pernah dirawat di RS, bagian pinggul juga agak retak sehingga untuk berdiri aja si mbah udah bergetar abis2an gitu..



Nah, sampe disini kisah ane..Agan sekalian mari kita introspeksi bersama.. betapa mudahnya kita "buang" duit 10 rebu, buat beli rokok, buat makan "mewah", buat ini.. buat itu..Di sisi lain kehidupan kita masih ada juga orang2 yang buat berdiri, buat jalan, bahkan buat ngomong aja udah susah di sisa hidupnya yg udah ditelan kerentaan..



So bwt ane, kl ada yg bilang : "Apa yg anda bisa berikan untuk negara ini?" ato "Mau diingat sebagai apakah anda?" ato "Salam SUPER..".. ane cm bs bilang WTF??? what kind of BS...



"Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara"... another kind of BS...


Bagi yang ingin beramal kepada Mbah Mangun, Silahkan berkunjung ke Thread 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5309285 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar